Pages

Senin, 28 Maret 2011

Bahasa Pemrograman C#

C# (C Sharp) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat setelah bahasa pemrograman Java muncul, basis dari C# sebenarnya adalah C++. Karena banyaknya kekurangan dan kelemahan dari bahasa pemrograman C++, maka akhirnya dibuat bahasa pemrograman Java, dengan fitur dan model yang lebih kompleks dari C++, Java memiliki banyak peminat. Akan tetapi setelah diketahui bahwa ternyata dalam bahasa pemrograman Java juga masih memiliki banyak kelemahan, akhirnya Java dikembangkan menjadi C#, dimana dalam bahasa pemrograman C# tersusun dari 70% Java, 20% C++ dan 10% baru. Sehingga hal ini dapat menciptakan suatu bahasa pemrograman baru yang menutup kelemahan C++, maupun Java.
Langsung saja mari kita perhatikan contoh program hello words dengan menggunakan C# berikut ini :
  1. using System;
  2. class Welcome
  3. {
  4. static void main(string[] args)
  5. {
  6. Console.WriteLine(“Hello Words !!!”;
  7. }
  8. }
Maka output dari program diatas adalah :
Hello Words !!!
Console.WriteLine( “Hello Words !!!” ); Adalah fungsi dalam C# yang digunakan untuk mencetak text kedalam layar dimana setelah mencetak text, ia langsung berganti ke baris baru dibawahnya. Sedangkan Console.Write() adalah fungsi yang digunakan untuk mencetak text akan tetapi tidak berganti baris ketika selesai.
Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, id dalam C# kita juga diperbolehkan menggunakan escape character, yaitu beberapa karakter khusus yang digunakan untuk memodifikasi pencetakan text yang kita lakukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :
  1. using System;
  2. class Welcome
  3. {
  4. static void main(string[] args)
  5. {
  6. Console.WriteLine(“Hi !!\nlove ya “);
  7. }
  8. }
Maka setelah kita mengcompile program diatas akan dihasilkan output seperti dibawah ini :
  1. Hi !!
  2. love ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar