Pages

Senin, 28 Maret 2011

Dari C dan C++ ke Ruby

Sulit menguraikan perubahan kode C atau C++ jika ditulis dalam Ruby karena perbedaan diantara mereka besar. Satu alasannya adalah Ruby melakukan banyak hal untuk anda. Ini berbeda dengan kenyataan bahwa di dalam C anda harus melakukan segalanya sendiri. Tujuan Ruby adalah untuk membuat pekerjaan programmer lebih gampang dengan cara melakukan hal-hal yang bisa diotomatisasi.

Ruby disebut dynamically typed language, berbeda dengan C yang statically typed. Perbedaan paling terlihat adalah: pada dynamically typed language sebuah variable bisa menunjuk ke obyek-obyek dengan tipe-tipe berlainan.

Misalnya, kalau pada bahasa C++ variabel siapa hanya bisa merujuk pada obyek bertipe Manusia (dan turunannya), pada bahasa Ruby variabel tersebut (dan variabel apa pun) bisa merujuk pada obyek bertipe Manusia, Pegawai, Perempuan, atau obyek yang lain, meski pun objek tersebut bukan turunan dari obyek Manusia.

Implementasi Ruby yang sekarang menjalankan kode Ruby lebih lambat daripada implementasi C atau C++ menjalankan C atau C++ code yang setara. Tetapi, Anda akan terkejut betapa cepat dan gampangnya menyelesaikan sebuah program dengan Ruby dan juga betapa sedikitnya kode yang Anda harus tulis. Ruby jauh lebih jelas daripada C++—anda pasti akan suka.

Lagipula, Anda bisa menulis extension module untuk Ruby dengan C. Module tersebut bisa dipakai dari Ruby code sama seperti module-module lainnya. Dengan cara ini, bagian kode Ruby Anda yang sensitif terhadap kecepatan eksekusi bisa diganti dengan C.

Dan tentu saja Ruby sendiri ditulis dengan C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar